Penelitian Efek Vaksinasi SARS-CoV-2 terhadap Pasien Penyakit Reumatik Autoimun di Indonesia

Penelitian Efek Vaksinasi SARS-CoV-2 terhadap Pasien Penyakit Reumatik Autoimun di Indonesia

Salam sejahtera untuk kita semua,
 
Perkenalkan, saya dr. RM Suryo Anggoro Kusumo Wibowo, SpPD-KR, dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan reumatologi di RSCM/FKUI. Saat ini saya sedang melakukan penelitian yang berjudul “Efek Vaksinasi SARS-CoV-2 terhadap Pasien Penyakit Reumatik Autoimun di Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek dan keamanan vaksinasi COVID-19 pada pasien penyakit reumatik autoimun di Indonesia.
 
Penelitian ini akan membandingkan efek vaksinasi COVID-19 antara pasien penyakit reumatik autoimun dengan individu sehat tanpa komorbid dengan cara mengisi kuesioner. Oleh karena itu, kami berharap baik pasien penyakit reumatik autoimun atau individu sehat yang berusia diatas 18 tahun dan telah menerima vaksinasi COVID-19 minimal satu kali bersedia untuk mengisi kuesioner. Dan bagi pasien penyakit reumatik autoimun yang mengikuti survey ini diharapkan dapat mengajak anggota keluarga yang sehat, berusia diatas 18 tahun, dan telah menerima vaksinasi COVID-19 untuk dapat ikut serta dalam mengisi kuesioner ini.
 
Partisipasi Anda dalam penelitian ini sepenuhnya bersifat sukarela dan anonim. Pengisian kuesioner ini membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. Informasi yang didapatkan dari kuesioner akan dijaga kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk kepentingan penelitian. Penelitian sudah mendapat persetujuan dari Komite Etik Penelitian RSCM/FKUI. Kuesioner dapat diisi melalui link sebagai berikut:
 
https://www.surveymonkey.com/r/P8K7DCT?lang=id
 
Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan waktu Anda untuk mengisi kuesioner ini. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, responden dapat menghubungi peneliti:
dr. RM Suryo Anggoro Kusumo Wibowo, SpPD-KR (Email: dr.suryoipd@gmail.com).
 
 
 
Hormat saya,
dr. RM Suryo Anggoro Kusumo Wibowo, SpPD-KR