IRA

Perhimpunan Reumatologi Indonesia
Indonesian Rheumatology Association

Ruam merah di kaki dan tangan

Beranda Forum Konsultasi Ruam merah di kaki dan tangan

  • This topic has 2 balasan, 1 suara, and was last updated 6 months ago by Hera.
Melihat 3 tulisan - 1 sampai 3 (dari total 3)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #2757 Balas
    Anonim
    Tamu

    Dok, mau tanya. Sudah lama sya mengalami ruam merah di kaki dan tangan. Dulu awalnya hanya bintik” kecil di kaki. Lama” bintiknya jadi lebar. Kadang bersih kadang muncul lagi. Kata dokter spesialis penyakit dalam sya kena autoimun. Tiap bulan sya control ke RS cuma dikasih obat methylprednisolon. Kira” keluhan sya ini termasuk autoimun jenis apa dok? Dan apakah selamanya harus ketergantungan obat?

    #2758 Balas

    Selamat siang, apakah dokter sudah memberi tahu penyakit auto imun jenis apa? Untuk keluhan yang di duga auto imun seperti yang sudah di jelaskan di atas kemungkinan adalah inflamasi/peradangan yang mengenai pembuluh darah kecil, biasanya disebut vaskulitis. Namun, karena gejala seperti bintik merah bisa terjadi secara sekunder dan bukan dari auto imun yang sebenarnya, maka perlu ditentukan bintik tersebut kelainan auto imun primer atau sekunder, adakah auto imun yang medasarinya atau hanya murni kelainan di pembuluh darah kecil. Mengenai obat, ya obat tersebut perlu dikonsumsi dalam jangka waktu cukup lama untuk menekan imun, sehingga tidak terjadi kerusakan lebih lanjut pada pembuluh darah. Dokter akan berusaha untuk memberikan dosis yang paling kecil yang dapat meredakan penyakit dan agar tidak menyebabkan efek samping. Disarankan untuk dapat kontrol teratur dan berkonsultasi langsung kepada dokter, untuk mendapatkan dokter Reumatologi terdekat dapat dilihat pada laman website kami dan klik “dokter”.

    #18983 Balas
    Hera
    Tamu

    Selamat malam dok aku mau tnya donx
    Aku kena ruam merah dikaki udah dari 2021 awal nya bintik merahnya dikit tapi lama2 jadi bnyak tapi CPT hilang juga dan sempet bikin kaki aku bengkakk dan sudah pernah dirawat di RS dan diagnosa nya idiopathic thrombocy topenic purpura ,,dan setelah keluar dari RS udah ga pernah muncul2 lagi dan saya sudah stop konsumsi obat ,,tapi akhir2 ini kadang muncul lagi walaupun ga terlalu parah kaya awal muncul ,, yang aku bingung klw aku abies jalan ke mall kecapean pasti kaki nya bintik merah lagi yang aku tnya itu knp ya donx klw abies jalan selalu keluar bintik merah sedang klw aku dirumh aja ga ada aktivitas ga pernah kambuh lagi tuh ruam merah nya ,,klw mau muncul bintik merah nya itu berasa di kaki itu pegel2

Melihat 3 tulisan - 1 sampai 3 (dari total 3)
Balasan Untuk: Ruam merah di kaki dan tangan
Informasi Anda: