Konsultasi sakit di pergelangan kaki

Beranda Forum Konsultasi Konsultasi sakit di pergelangan kaki

Melihat 14 tulisan - 1 sampai 14 (dari total 14)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #2727 Balas
    Anonim
    Tamu

    Saya berusia 53 tahun, sesuai anjuran olahraga yang saya lakukan adalah jalan cepat lk total 3-4 km dan bersepatu, yang dulu biasa nya tidak bersepatu. Namun tiga Minggu ini terjadi ke anehan-setelah berolah raga maka hari berikutnya kaki kiri terasa sakit dan hari berikutnya pergelangan kaki kiri bengkak sehingga sulit untuk berjalan dan dipakai sholat (sholat duduk di kursi). Maka saya istirahat tidak olah raga lk 2 Minggu. Setelah merasa pulih kemudian saya olah raga kembali jalan kaki seperti biasanya. Ternyata berulang kejadian setelah olah raga, hari berikutnya kaki kiri mulai terasa sakit, dan hari berikutnya pergelangan kaki bengkak lagi dan sulit dipakai berjalan. Pada kejadian pertama saya langsung periksa tes asam urat, ternyata besarannya 7,8, menurut orang apotik kalau 7,8 tidak sampai bengkak begitu, dan saya dikasih obat allopurinol 100mg untuk 5 hari dan vitamin. Kira kira disebabkan apa ya, apakah mungkin keseleo yang diabaikan. Karena setelah browsing di internet rasanya tidak ada yang sesuai dengan sakit saya?

    #2728 Balas

    kalau dari uraian gejala yang Bapak rasakan kemungkinan besar adalah nyeri mekanik, nyeri mekanik atau nyeri karena aktifitas tidak cocok dengan gejala asam urat. Pada nyeri mekanik yang Bapak rasakan bisa karena nyeri sendi bagian dalam yaitu pengapuran sendi atau nyeri sendi bagian luar seperti tendinitis (radang pada otot/tendon) atau cidera ligamen, perlu di adakan pemeriksaan langsung oleh dokter maka akan lebih baik jika Bapak datang langsung untuk penanganan lebih lanjut, penanganan dapat berupa USG maupun rontgen. semoga lekas sembuh, salam sehat.

    #2729 Balas
    A Rochman
    Tamu

    Selamat pagi dok. Beberapa hari ini saya punya keluhan di jari jempol tangan kanan dan kiri sakit dok, tapi tidak merah dan tdk bengkak dan apabila ditekuk agak kaku, sekarang sudah hari ke 7 dan masih belum hilang disertai rasa meriang setiap bangun pagi. Sebelum2nya saya belum pernah merasakan gejalan seperti ini, seingat saya ini pertama kalinya merasakan spt ini. Selain itu, saya punya keluhan nyeri di pinggang belakang kanan yg hilang timbul selama ini, kadang habis makan atau habis minum nyeri, kadang tidak terasa, kadang pas kontrol ke dokter pas tidak nyeri saat ditekan. Jadi dokter mengarahnya selalu ke masalah otot. Gejala ini sudah sy alami hampir setahun. Kurang lebih setahun lalu sampai pernah USG abdomen dan CT scan tidak ada masalah, cek urin normal. tetapi keluhan selalu ada, padahal tidak ada aktivitas berat selama hampir setahun ini. Memang saya punya aktivitas berat sebelumnya di pekerjaan saya, seperti angkat2 berat, tapi tdk pernah cidera punggung, duduk, tidur, normal semua, apakah ini memang dari otot? Gejala lainnya yaitu, di ketiak saya pernah ada pembesaran kelenjar di kanan kiri, dan agak nyeri, tetapi ukuran tsb waktu di usg masih tergolong normal, dan itu diperiksa juga sekitar setahun lalu, saat ini di ketiak kadang masih nyeri, terutama jika tertekan oleh lengan, tetapi frekuensinya sangat jarang dan tdk mengganggu aktivitas. Dari semua ini apakah ada kaitannya dok? Apa kah saya perlu periksa ke reumatologi? dimana dokter reumatologi yg ada di bekasi? Mohon sarannya dok, terima kasih sebelumnya dok????. Mohon maaf bila kepanjangan ????

    #7001 Balas
    Heni
    Tamu

    Dok pergelangan kaki saya bagian dalam sering nyeri dan bengkak bahkan terasa kaku waktu berjalan hanya di kaki kiri saja.saya dulu punya riwayat sakit penyumbatan pembuluh darah balik di bagian kaki kiri juga.apa itu pengaruhnya atau ada penyakit lain?saya belum pernah periksa lagi setelah sembuh dari penyakit itu.sebelumnya terimakasih atas jawabannya

    #8005 Balas

    Selamat pagi Mba Heni. Mohon maaf baru membalas Mba. Keluhan sering nyeri dan bengkak pada pergelangan kaki kiri bisa jadi karena rdang sendi atau sekedar akibat dari penyumbatan pembuluh darah balik kaki kiri. Sebaiknya bisa berkonsultsi denga Interini atau Internis Reumatolog terdekat ya Mba. Terima kasih

    #8060 Balas
    Muslimah
    Tamu

    Saya berusia 45th .. sejak remaja saya mengkonsumsi susu dan hingga kini pun saya masih suka dengan susu . Berbagai jenis makanan sayur saya makan tanpa pantang karena tensi saya normal bahkan rendah yaitu 110/70 ..
    Namun sudah 2 Minggu ini saya mengalami keluhan pada pergelangan kaki kiri saya yaitu sakit nyeri seperti orang yg terhantam kayu di pergelangan kaki hingga telapak .. hingga membuat saya sulit jalan dan jika dipaksakan seperti orang yg jalan keseleo ..

    Banyak yg bilang klw saya terkena asam urat dan rematik .

    Apakah benar Dok dan apa ya obatnya supaya saya bisa jalan seperti semual dan tanpa ada keluhan sakit lagi pada kaki saya ini .

    Terimakasih 🙏🏻

    #8066 Balas

    Selamat pagi Ibu. Terima kasih atas pertanyaan yg ditujukan ke kami Pak.

    Keluhan nyeri hebat di pergelangan kaki jika munculnya MENDADAK dan NYERI HEBAT, tanpa ada riwayat keseleo atau trauma, maka kemungkinan besar memang ke arah serangan asam urat akut. Sebaiknya Ibu segera bertemu Internis atau Internis Reumatolog untuk mengkonfirmasi diagnosis ini dan segera memberikan terapi yang tepat.
    Semoga dapat membantu Ibu.

    #8073 Balas
    Nurhayati
    Tamu

    Salam dr, anak sy usia 10 thn 9 bln.hasil cek darahnya tgl 15 Mei 2021 ASTOnya 400.selama ini sering mengeluh pergelangan kaki kanannya sakit.dan perpindah2.keringat nya jg banyak walaupun tdk beraktifitas.tangan sering dingin.apakah ini gejala rematik?.apa yg perlu sy lakukan?

    #8098 Balas

    Selamat siang Ibu Nurhayati yang baik. Kadar ASTO sebaiknya harus dikombinasikan dengan keluhan/gejala klinis dan dinilai oleh dokter yang tepat.

    Keluhan nyeri pergelangan kaki kanan yang berpindah-pindah; disertai keringat banyak dan tangan sering dingin sebaiknya segera dikonsultasikan ke Internis Reumatolog terdekat dengan ibu.

    Daftar Internis Reumatolog lengkap di Indonesia beserta alamat praktik masing-masing sudah dapat dilihat di halaman https://reumatologi.or.id/reudok/ ya Bu.

    Semoga bermanfaat dan bisa membantu. Terima kasih banyak.

    #8100 Balas
    eddy haryatno
    Tamu

    saya usia 61 th. pada 2 minggu terakhir ini di pergelangan sendi kaki ( engkel ) kaki kanan dan kiri kaku dan sakit sakit juga saya rasakan di bawah lutut kiri(;tulang kering atas).
    terasa sakit pada waktu berdiri dari posisi duduk bersimpuh.
    saat ini olahraga yg saya lakukan ada main tenis lapangan seminggu sekali dan jalan kaki.
    terimakasih.

    #8107 Balas

    Selamat pagi Bapak Eddy Hartono. Keluhan Bapak pada ankle kanan dan kiri baru dirasakan 2 minggu terakhir. Keluhan itu bisa jadi merupakan tanda awal dari pengapuran sendi terkait usia Bapak. Sementara keluhan nyeri pada bawah lutut kiri (tulang kering atas) bisa jadi merupakan radang pada bursa pes anserin (salah satu struktur di dekat lutut) yang memang sering meradang pada orang tua. Untuk pemeriksaan lebih lengkap, sebaiknya Bapak bisa bertemu dokter terpercaya terdekat ya Pak. Lebih baik lagi jika bisa bertemu Internis Reumatolog terdekat ya Pak. 🙏

    #8111 Balas
    Fitri nurmayanti
    Tamu

    Selamat sore dok,
    Sya fitri IRT umur 30 thun BB 54 kg TB 156 tekanan darah 110/70 asam urat 7,4 gula darah puasa 75 kolesterol 201.
    Hasil cek tersebut bru beberp hri sya lakukan tanpa berkonsultasi dengan doktr dan sya lakukan di sebuah klinik, semenjak lebaran sya sering bangun dengan kondisi jari2 tangan terasa agak kaku dan agak sulit di kepal dan kekakuan ini akan hilang setelah sya beraktifitas ttpi kadang timbul lg, terkadang sy merasakan nyeri di bagian ruas jari manis tangan kanan sya dan nyeri ini berpindah2 ke siku dan pergelangam tangan kanan kemudian ke pangkal jari telunjuk tangan kiri, terkadang juga pada lutut,pergelangan kaki kanan dan kiri juga ruas2 jari kiri sya, kadang bagian pinggang belakang juga terasa tidak nyaman, nyeri tsb sering berpindah2 sya rasakan selama hampir 1 tahun ini tp kekakuan dan nyeri di ruas2 jari itu bru sya rasakan belum sebulan ini, dan sesaat selama entah berapa hari dlm kadang nyeri itu hilang dan sy merasa sehat, tp terkadang nyeri itu datang lagi dan membuat sya cemas.oh ya selama 1 tahun ini sya juga sering merasa lelah saat berdiri melakukan aktivitas dapur,ketika itu kaki tersa begitu berat seperti berdiri berjam2 padahal hanya mengerjakan cuci piring dan memasak ato mengerjakan pekerjaan rumah. Kadang sya merasa capek ketika istirahat dan hilang ketika beraktifitas, tp tidak jarang juga capek itu menetap bahkan setelah beraktifitas.
    Sudh satu tahun ini sy 3 kali ke dokter ortopedi,3 kali ke dokter SPPD dan 1 kali ke dokter syaraf. Dari hasil kunjungan itu sya sudah meminum berbagai obat, seperti piroxicam,meloxicam, methilprednisolon, diacerin, dexketoprofen, obat racikan , lansoprazol, hi bone, suplemen sendi dll masih banyak lg sy lupa, bahkan suntik di lutut pun sudah sya lakukan. Hal ini sy lakukan krna sy merasa rsa berat di kaki sya yg sering hilang timbul tanpa diketahui sebab yg jelas, terkadang entah berpa kali sya juga merasa nyeri di bagian otot tangan kiri saya berpindah2 ke pangkal tangan. Sy telah melakukan ronsen di lutut kiri sya dan dokter mengatakan hasil rontsen sya normal, ada dokter mengatakan sya mengalami gejala awal pengapuran sendi, dan ada yg mengatkan sya hanya kelelahan, tp semakin kesini sya semakin merasa resah. Ad satu dokter sppd yg mendiagnosa sya dengan diagnosa fibromyalgia yg menyrankan sya untuk ke ahli reumatologi namun belum sya periksakan karena waktu dan jarak yg agak jauh dri tmpt tinggal sya, sy juga pernah melkukan test rematoid faktor (negtif) dan pemeriksaan darah (hasilnya normal, jika bisa sy kirim akan sya kirim kesini).
    Mohon bantuan dan solusi nya untuk sya
    , sya sakit apa dan apa yg harus sya lakukan, apakah sya bisa sembuh dan apakah sakit sya berbahaya? Terimakasih dok sebelumnya, selamat sore

    #8137 Balas
    siti
    Tamu

    selamat malam, dok saya wanita umur 32 tahun, dari umur 23 mulai merasakan nyeri kaki,kaki nyut2an, kl dipegang agak panas, sakit sekali dipakai jalan, kl lagi kambuh kadang ditangan atau dilutut sakitnya sama, susah digerakan, kl periksa ke dokter harus kebagian apa yah dok? obat ini meredakan nyeri apa yah dok

    #8138 Balas
    Nining
    Tamu

    Pada bulan april tiba2 pergelangan kaki saya bengkak dan sakit sekali apalagi ketika berjalan,saya ke dokter d kasih obat dan sakitnya sembuh tp masih bengkak, bulan mei sakitnya kambuh lagi berobat lagi dan sembuh tp kakinya jg masih bengkak, juni kambuh lagi sudah ke dokter tapi sampe skrg pergelangan kakinya masih bengkak dan terasa sakit saat berjalan? Itu knpa yah?

Melihat 14 tulisan - 1 sampai 14 (dari total 14)
Balasan Untuk: Konsultasi sakit di pergelangan kaki
Informasi Anda: