Gejala penyakit autoimun

Beranda Forum Konsultasi Gejala penyakit autoimun

Melihat 3 tulisan - 1 sampai 3 (dari total 3)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #2586 Balas
    Ikhsan
    Tamu

    Salam dok. Saya minggu lalu sakit, setelah di check fungsi hati saya tinggi, karena tidak puas saya ke internis di internis saya di suruh check ana IF dan hepatitis, untuk hasil hepatitis negatif tapi ana IF saya >1:320 saya menjadi sangat stress karena itu berhubungan dengan autoimun kembali konsul ke internis saya sudah sehat dan sudah boleh masuk kerja. Karena intensitas kerja tinggi dan lupa makan saya masuk rumah sakit kembali dengan keluhan maag dan dokter memberitahukan saya terkena entritis radang usus karena makanan, saat itu dokter juga minta check darah untuk ana profile serta sgpt dan sgot dan hasil nya normal. Tapi ana Profile seminggu lagi akan keluar saya merasa sangat stress akan terkena penyakit autoimun sejak saat itu saya kembali mengalami pegal pegal di jari kaki dan tangan seperti biasa tanpa nyeri atau kekakuan atau bengkak tidak ada gejala lain saya sangat cemas apa ana tiiter 1:320 itu positif autoimun dok?

    #2588 Balas

    Selamat siang Bapak Ikhsan, Untuk hasil pemeriksaan ANA (+), namun tidak disertai gejala autoimun, sebaiknya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. ANA merupakan antinuklear antibodi, yang memang berhubungan dengan autoimun, dan sering dijadikan pemeriksaan awal penanda autoimun. Akan tetapi, pada populasi normal, ditemukan sekitar 20% orang yang memiliki nilai ANA yang positif, namun tidak mengalami penyakit autoimun dan tetap dapat tetap hidup normal. Selain nilai ANA yang positif, yang perlu diperhatikan lagi adalah titernya. Umumnya titer ANA dianggap bermakna bila lebih dari 1:640. Sementara keluhan yang bapak alami masih mungkin tidak berhubungan dengan autoimun. Pemeriksaan tunggal (satu-satunya) dengan ANA juga tidak dapat dibaca/diintepretasikan sebagai autoimun. Biasanya diperlukan pemeriksaan dari penanda-penanda autoimun lainnya. Bila Bapak masih khawatir, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter internis subspesialis reumatologi untuk diperiksakan lebih lanjut. Terima kasih, semoga dapat membantu.

    #8236 Balas
    Indri Wahyu
    Tamu

    Halo dok
    Saya memiliki keluhan nyeri telapak kaki saat berjalan dimulai dari bangun tidur dan berlanjut nyeri di persendian2 lainnya, suatu hari saya pingsan karena nyeri didalam telinga dan sebagian persendian besar saya merah dan nyeri, disertai kaku pada persendian jugdan nyeri otot, setelah diperiksa dicurigai autoimun, hasil lab ana test positif 65,5 dan ASTO 200 tetapi rheumatoid factor saya negatif. Apakah saya autoimun? Dan autoimun tipe apa?

Melihat 3 tulisan - 1 sampai 3 (dari total 3)
Balasan Untuk: Gejala penyakit autoimun
Informasi Anda: