Saran Pengobatan

Beranda Forum Konsultasi Saran Pengobatan

Melihat 6 tulisan - 1 sampai 6 (dari total 6)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #2818 Balas
    Anonim
    Tamu

    Dari th 1995 meresakan sakit belum tahu penyakit apa (bukan terkilir),tahunya stlh periksa dokter umum sampai specialist (asam urat,gout,rematik)sampai dokter yg biasa saya tempat periksa di Jl Kelinci Raya (skrg alm),saya skrg tinggal di klaten pekerjaan berlayar bisa Kah rasa sakit ini sembuh tanpa harus bawa copy resep (alm dr) sampai sekarang ,kdg pun kalo singgah tidak semua apotik ada obat itu…jadi untuk maintenances sakit saya ini Bagaimana Dokter…?? Soalnya sampai sakit akut per 3blnan-6bln yg bikin stres pas di tempat kerja…trimakasih banyak…

    #2819 Balas

    Selamat malam. Jika memang ada episode berulang sakit akut setiap 3 atau 6 bulanan, kemungkinan kuat memang ke arah Artritis Gout (Radang sendi akibat penumpukan asam urat). Meskipun hal ini perlu dikonfirmasi lagi secara pasti dan jelas ke dokter Reumatologi setempat. Dengan mengetahui jenis penyakit reumatiknya, akan lebih mudah nantinya untuk mengetahui pola penanganan yang tepat. Setiap jenis penyakit reumatik (banyak jenisnya) punya pola penyakit khas, obat yang khas dan pola monitoring yang khas pula. Sebisa mungkin saran kami untuk segera diperiksakan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter subspesialis Reumatologi, informasi dokter Reumatologi dapat di akses melalui website kami. Semoga jawaban ini membantu, lekas sehat dan terima kasih telah bertanya di website kami

    #7945 Balas
    Rini
    Tamu

    saya wanita umur 46 thn..sering sakit sendi di bahu leher lutut ..ada tes darah..kolestrol 220 …vitamin d 16.7…rematic factor reaktif (lemah) ..ada konsul dg internist…disarankan test ana profile hasil normal…trs dokter kasi obat hyloquin dan recolfar disuruh minum 1x sehari sesudah makan..oya asam urat sy ada priksa 3,73 msh normal..calcium 9 normal jg…jadi saya ragu benar rematik saya konsul online dengan dokter internis di halo doc..disarankan periksa ulang RF …sy tes ulang hasil negatif…sy konsul lagi dg dokternya dia blg kemungkinan rematik estra artikular..dia sarankan konsul dokter rematologi…krn jari2 tgn dan kaki nyeri ada rasa panas…oya dok klo vit d kurang bs nyeri2 jg ya…sy minum vit d 1000 iu 1 x sehari dan jemur matahari jam 10..yg ingin saya tanyakan apakah benar saya rematik dan obat hyloquin bole minum…saya hanya minum 2 malam aja stop..karena takut juga klo bukan rematik jadi salah obat…terima kasih dok..mohon penjelasan dokter

    #8007 Balas

    Selamat pagi Bu Rini. Mohon maaf baru membalas Bu. Setelah membaca keluhan dan riwayat Ibu, sebaiknya kami sarankan supaya Ibu segera bertemu Dokter Internis Reumatolog terdekat ya Bu. Untuk mendiagnosis apakah seseorang menderita penyakit reumatik autoimun, dokter harus mendapatkan riwayat yang lengkap sekaligus akan memeriksa secara detail sendi sendi Ibu. Lalu akan dilakukan pemeriksaan penunjang utk memastikan diagnosis tersebut. Daftar Internis Reumatolog se-Indonesia dapat dilihat di http://www.reumatologi.or.id ya Bu. Semoga bermanfaat. Terima kasih banyak.

    #8057 Balas
    TOFIN
    Tamu

    Selamat Pagi,

    Saya adalah penderita asam urat dengan hasil 10.3 mg/dl. saya berusia 33 tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Dokter, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mengenai asam urat, antara lain sebagai berikut:

    1. apakah saya termasuk penderita asam urat akut?
    2. apakah langkah awal yang dianjurkan dokter agar saya dapat meurunkan kadar asam urat menjadi normal kembali?
    3. jenis terapi apa yang dapat saya lakukan untuk menurunkan asam urat? mengingat setiap minggunya kadar asam urat tersebut semakin meningkat.
    4. apakah ada efek tehadap organ tubuh lainnya jika asam urat terebut semakin meningkat?

    demikian pertanyaan saya perihal asam urat. mohon bantuanya.

    terima kasih

    #8065 Balas

    Selamat pagi Pak. Terima kasih atas pertanyaan yang ditujukam ke kami.

    1. Mungkin yang Bapak maksud apakah termasuk penderita serangan gout (asam urat) akut? Serangan gout akut ditandai dengam adanya nyeri dan bengkak mendadak di 1 atau beberapa sendi tubuh, biasanya sendi di tungkai bawah. Nyeri sendinya dirasakan berat sampai pasien segera meminta pertolongan ke klinik/RS terdekat. Jika Bapak tidak ada keluhan seperti itu, berarti bukan termasuk serangan asam urat akut. Tetapi yang pasti Bapak sudah mengalami hiperurisemia (kadar asam urat darah) sudah tinggi.

    2. Langkah awalnya adalah modifikasi gaya hidup:
    a) Turunkan berat badan sampai ideal
    b) Kurangi makanan yang mengandung kadar purin tinggi: jerohan, seafood, emping, daging merah, minuman berpengawet, makanan berpengawet dst.
    c) Olah raga secara teratur

    3. Jika kadar asam urat sudah tinggi tetapi Bapak tidak ada keluhan radang sendi akibat asam urat, sebenarnya belum perlu terapi obat jika Bapak tidak memiliki penyakit komorbid lain seperti hipertensi, diabetes, gangguan ginjal atau penyakit jantung. Modifikasi gaya hidup sehat cukup & efektif untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Akan tetapi, jika salah satu penyakit komorbid tersebut sudah ada, Bapak bisa segera minum obat penurun asam urat seperti Allopurinol salah 1 nya.

    4. Jika terus meningkat, asam urat akan mudah untuk mengendap dan menjadi kristal asam urat di Ginjal, Sendi, kulit dan berbagai jaringan tubuh lain. Hal ini tentunya akan merusak orgam tersebut perlahan lahan.

Melihat 6 tulisan - 1 sampai 6 (dari total 6)
Balasan Untuk: Balasan #8007 di Saran Pengobatan
Informasi Anda: