.::PERHIMPUNAN REUMATOLOGI INDONESIA::.

Detail Awam Informasi tentang Perhimpunan Reumatologi Indonesia

Masalah Rambut Pada Odapus

Masalah Rambut Pada Odapus
Ketika Minter mulai kehilangan rambutnya karena lupus pada usia 25 tahun, dia terkejut-dan marah. Guru SMA ini juga sudah mengalami gejala lupus lainnya, pada saat dia sedang mempersiapkan diri untuk menikah. ""Yang paling menimbulkan masalah adalah: saya mulai kehilangan rambut saya,"" kata Minter. ""Pada saat itu, saya bahkan tidak sedih-hanya benar-benar marah.?

Penipisan rambut atau rontok adalah hal umum di antara Odapus (orang dengan lupus). Apakah disebabkan oleh lupus atau efek samping obat, hal ini bisa menjadi masalah yang berat, terutama ketika rambut ternyata tidak tumbuh kembali.
Bagi Karen Patch, 44 thn, seorang arsitek teknis senior untuk sebuah perusahaan software, kehilangan rambut secara dramatis mengubah persepsi terhadap dirinya sendiri. ""Aku punya rambut panjang, yang sangat membanggakan,"" katanya. Tetapi pada saat ia berusia 20-an, dan mengalami kerontokan pada rambutnya, ia menata rambutnya dengan model ekor kuda karena gaya rambut ini membuat kerontokan kurang terlihat.
Penipisan pada rambut atau kerontokan yang dialami Odapus dapat bersifat sementara, saat penyakit sedang aktif ataupun permanen jika folikel rambut ikut rusak pada kelainan kulit di permukaan kulit kepala (diskoid). Anda yang mengalami hal tersebut tidak perlu putus asa, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan kembali rasa percaya diri Anda:

Cari Gaya Rambut Anda
Cari penata rambut yang Anda percaya, kata Gail Lockwood, pemilik dan ahli penata rambut di Urban Organic Hair Design. ""Seorang penata rambut yang baik bisa sama penting dengan dokter yang baik,"" katanya. ""Anda ingin seseorang yang mengerti apa yang sedang anda alami dan dapat membantu mempertahankan penampilan Anda."" Lockwood menyarankan kliennya yang Odapus agar menjaga rambut mereka tetap pendek untuk mencegah kerusakan lebih berat. ""Rambut dengan model bob sangat cocok untuk mereka dan sesuai untuk penampilan yang berbeda-beda,"" kata Lockwood.
Vickie Lacey, pemilik Vanasons Salon di Atlanta, setuju. Dia menyarankan pemotongan rambut dengan layer yang ringan untuk memberikan efek ketebalan pada rambut.

Perlakukan Rambut Anda Dengan Baik
Produk yang tepat dapat mempengaruhi kesehatan dan kekuatan rambut bahkan membantu menjaganya?, kata Lacey. Salonnya menggunakan produk-produk alami dan sangat cocok untuk orang dengan kulit kepala sensitif dan rambut rapuh.
Lockwood merekomendasikan sistem perawatan rambut rontok seperti Nioxin, sebuah produk perawatan rambut organik yang menggunakan teh dan minyak peppermint untuk membantu mencegah kerontokan lebih lanjut. ""Jika Anda mengkonsumsi obat-obatan seperti kortison, rambut Anda sudah berurusan dengan banyak bahan kimia,"" katanya. ""Sebuah sampo herbal akan melindungi rambut, membersihkan kulit kepala dari penumpukan obat dalam folikel, dan merangsang pertumbuhan rambut baru.""

Jika rambut Anda pada dasarnya sudah tipis, kasar, keriting, atau kering, maka rambut anda memerlukan banyak kelembaban. Jika rambut Anda sehat dan bercahaya, carilah produk yang dapat meningkatkan volume atau warna. ""Semakin gelap rambut, semakin terlihat penuh,"" katanya. Lockwood menyarankan untuk menghindari produk yang mengandung amonia, khususnya obat pelurus rambut, yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak.
Menggunakan Tutup Kepala

Wanita dengan rambut yang sangat rontok juga bisa memiliki pilihan. Patch, yang mengidap diskoid lupus, sering memakai wig. ?Belanja wig secara pribadi untuk pertama kalinya itu cukup sulit. Saya pergi ke toko tapi tidak tahu apa yang saya inginkan,"" katanya. ""Para pegawai mencoba untuk membantu, tapi itu benar-benar sulit.""

Toko online sangat membantunya bereksperimen. ""Ada jenis wig yang disebut monofilamen, terbuat dari bahan sintetis tapi tampak seperti rambut dan kulit kepala asli,"" katanya. ""Wig dari rambut manusia cenderung lebih rapuh dan tidak cocok untuk saya."" Dia menyatakan bahwa sekarang dia bisa sering mengubah gaya rambutnya dan bahkan sering mendapat pujian atas penampilannya.
Minter lebih memilih jepit rambut yang sesuai dengan gayanya. Dia memakainya ke pernikahannya dua bulan kemudian. ""Ini bagian terbaik yang pernah saya kenakan.""
Lockwood dan Lacey mencatat bahwa ada cara menyambung rambut baru yang tidak akan merusak bahkan rambut paling rapuh sekalipun. ""Tinggalkan cara menyambung rambut (hair extension) yang menggunakan lem atau tape, termasuk fusion,"" kata Lockwood. ""Coba link mikro, yang menjalin helai demi helai sambungan rambut serta sangat ringan."" Saran Lacey.

Heather Farrell, 40 th, mengidap diskoid lupus yang berhubungan dengan alopecia 11 tahun yang lalu, dan juga menjalani kemoterapi yang menyebabkan kerontokan rambut. ""Rambut saya rontok dalam jumlah besar,"" katanya. ""Pertama kali adalah yang paling sulit karena saya benar-benar tidak mengharapkan itu?. Wig tidak cocok untuknya, jadi dia mencukur kepalanya. ""Saya akan memakai topi atau bandana ketika saya pergi keluar, atau syal. Itu lebih baik. ""
Pada suatu pagi yang sibuk, dia meninggalkan rumah tanpa penutup kepalanya. ""Itu mengerikan. Saya pergi bekerja dan menyadari saya tidak punya apa-apa di kepalaku, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Saya tidak ingin keluar dari mobil."" Setelah mengalami hari-hari yang sulit akhirnya dia menyadari bahwa dia sudah punya cukup banyak masalah untuk ditangani. ?Saya tidak punya tenaga untuk mengkhawatirkan pendapat orang lain"". Masih ada hari-hari sulit, tapi sekarang Farrell menggunakan energinya untuk mendidik orang lain tentang lupus.

Patch mengatakan kelompok pendukung (support group) membantunya melewati hari-hari yang sulit. ""Ini membantu saya berdamai dengan kenyataan bahwa rambut saya tidak akan datang kembali. Humor, teman-teman, dan dukungan keluarga benar-benar membantu?, katanya. ""Kadang-kadang Anda merasa seperti, yah, itu hanya rambut. Dengan segala sesuatu yang terjadi, mengapa saya begitu marah?
Meskipun demikian ini merupakan masalah, adalah sangat membantu jika dapat berbicara dengan seseorang yang tahu bagaimana rasanya kehilangan rambut.""
Kelompok pendukung ini juga membantunya mengatasi ketakutannya atas pandangan orang lain . ""Saya ingin membuat orang lain sadar, dan saya tidak takut untuk menunjukkan siapa saya. ""
________________________________________
Sumber: Oleh Emily Wojcik, The Lupus Foundation of America?s Magazine, Lupus Now, Spring 2012

MEMBER

USER NAME
PASSWORD
find us on